Cara Tepat Makan Untuk Mencegah Kanker Payudara

31 12 2009

eramuslim – Kanker Payudara hingga kini masih merupakan jenis penyakit yang rentan diderita masyarakat wanita di Indonesia. Minimnya informasi tentang kanker payudara serta ketidakingintahuan kebanyakan wanita Indonesia merupakan salah satu penyebab tingginya angka penderita penyakit tersebut.

Padahal bila sudah terkena, bukan tidak mungkin keindahan tubuh akan ‘sedikit’ berkurang. Tidak hanya itu, kanker payudara juga bisa memunculkan rasa minder yang berlebihan bagi penderitanya.

Meski demikian, sebenarnya anda tidak perlu cemas akan serangan penyakit ganas tersebut jika anda sudah memperhatikan cara makan yang tepat untuk menghindari kanker payudara. Koq bisa?

Diet yang buruk adalah penyebab utama dan satu dari beberapa faktor yang bisa dikendalikan. Berikut, 5 panduan sederhana.

1. Cerdik dengan lemak
Hasil penelitian menunjukkan, lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun bisa melindungi kita dari kanker payudara, sedangkan lemak jenuh seperti terdapat didalam daging dan mentega, bisa meningkatkan resiko, kata David J. Hunter, M.D., Direktur Harvard Center for Cancer Prevention di Boston. Khasiat lemak Omega 3 yang terdapat didalam ikan yang terdapat didalam ikan yang hidup di air dingin seperti salmon, masih belum jelas. Tapi para ahli tetap menganjurkan untuk mengkonsumsinya karena bisa membantu mencegah penyakit jantung.

2. Hindari steak well-done
Para ahli yang mengamati kebiasaan makan pasien kanker payudara, dan wanita yang sehat menemukan, wanita yang makan steak well done-matang-matang, beresiko 4 kali lebih tinggi karena penyakit ini disbanding yang lebih suka steak medium, begitu menurut sebuah penelitian ditahun 1998 yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute.

3. Nikmati buah dan sayuran
Meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran bisa menurunkan resiko kanker payudara, begitu menurut Gladys Block, Ph.D., professor epidemiologi dan nutrisi masyarakat di University of California, Barkley. Sebabnya : makanan dari tumbuhan kaya dengan nutrien antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel yang bisa menyebabkan kanker. Usahakan untuk mengkonsumsi paling sedikit 5 porsi buah-buahan atau sayuran per hari.

4. Bersahabat dengan tahu
Makanan dari kedelai kaya dengan senyawa tumbuhan yang disebut phytoestrogen, yang bisa memerangi kanker payudara. Penelitian tahun 1997 yang diterbitkan dalam jurnal kedokteran Inggris, The Lancet menemukan, saat konsumsi phytoestrogen meningkat, resiko kanker payudara pada wanita itu menurun secara nyata. Senyawa ini diduga mencegah estrogen mencegah reseptor didalam jaringan payudara. Para ahli belum menemukan jumlah porsi yang dibutuhkan dan menganjurkan untuk menambahkan makanan dari kedelai seperti tahu, susu sari kedelai, kedalam susunan menu jika memungkinkan.

5. Isi dengan serat
Para wanita yang menggandakan intake seratnya dari 15 sampai 30 gram per hari secara nyata mengalami penurunan kadar estrogen sesudah 2 bulan. Begitu menurut hasil penelitian yang dimuat dihasil penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition. Usahakan untuk mengkonsumsi 20 sampai 30 gram serat per hari. Pilihan yang baik antara lain sayuran dan buah-buahan, sayur kacang, roti dan serealia gandum penuh. (bay/infokes)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: