INNER BEAUTY

19 12 2009

Oleh : Meilanny BS

ManajemenQolbu.Com : Siapa sih yang tidak ingin punya wajah cantik mempesona dan tubuh indah menawan ? Rasanya hampir semua perempuan memimpikan untuk mempunyai keindahan fisik tersebut, (dan tak terkecuali kaum muslimah). Dan sepertinya hidup akan terasa lebih indah dan mudah jika mempunyai kecantikan yang dikagumi setiap orang. So, berlomba-lombalah kaum hawa ini membentuk dirinya agar tampil cantik sesuai stereotype atau definisi wanita cantik kebanyakan orang.

Sebenarnya menjadi perempuan yang modis dan bergaya itu boleh-boleh saja, nggak ada yang ngelarang. Apalagi kesan pertama itu khan dilihat dari penampilannya.

Hanya saja itu bukan merupakan hal yang paling penting. Kecantikan fisik bisa memudar seiring dengan berjalannya waktu. Tak selamanya kita muda terus dan tetap cantik bukan?

Ternyata yang paling penting adalah kepribadian dari dalam dan tampil apa adanya sesuai dengan kepribadian kita. Walau panampilan dan wajahnya biasa-biasa saja, tapi kalau dia berkarakter, mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas, enak diajak ngomong, rendah hati dan tidak sombong. Dijamin semua orang akan betah dekat dengannya dan dia akan tampil menarik dan mempesona.

Kecantikan seperti itulah yang disebut inner beauty. Suatu kecantikan yang terpancar dari pribadi yang mempesona. Semua orang bisa memiliki inner beauty tersebut, asalkan dapat menjadi diri sendiri, tahu kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Mau memperbaiki kelemahan dan kekurangan diri, dan mau menggali dan mengoptimalkan potensi serta kelebihan yang dimilikinya.

Beberapa hal yang dapat mempercantik rohani dan menjadikan seseorang memiliki inner beauty adalah :

Aktivitas akal, seseorang yang mempunyai inner beauty akan terpancar dari caranya bicara yang terstruktur dan penuh hikmah, tidak asal bunyi. Setiap yang dikatakannya bisa bermanfaat bagi yang mendengarkannya, dan hal tersebut bisa diperoleh dengan cara mengisi akal dan pikiran kita dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Mempergunakan semua panca indera kita untuk menyerap ilmu-ilmu Allah baik yang qauliyah maupun yang qauniyah. Ditambah dengan memperbanyak tafakur, muhasabah dan husnudzon pada Allah SWT.

Aktivitas hati, inner beauty atau kecantikan rohani akan memancar jika sahabat mampu menjaga kebersihan hati dan menghilangkan penyakit-penyakitnya, serta mencintai Allah dan Rasul di atas segala cinta. Mengembangkan rasa ukhuwah pada sesama muslim dan jiwa rahmatan lil alamin pada seluruh makhluk Allah. Semua ini akan menjadikan diri muslimah sebagai seorang pribadi yang penuh kasih dan low profile. Selalu optimis dalam meniti hari-harinya.

Aktivitas anggota tubuh, seseorang dengan inner beauty yang tinggi akan mempunyai akhlak yang mulia sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Untuk menghadirkan kecantikan rohani seperti itu, kaum muslimah tidak perlu susah-susah. Hanya perlu memperbanyak amal soleh dan menjauhi maksiat. Mengganti acara ngerumpi dengan dzikir. Jangan sering-sering lagi berkeluh kesah dan menyia-nyiakan waktu. Selalu merasa dekat dan diawasi Allah dengan memperbanyak amalan-amalan sunnah, dan yang tak kalah penting adalah berteman dengan orang soleh dalam lingkungan yang baik. Bukan berarti pilih-pilih teman karena berteman itu harus dengan siapa saja, tak peduli siapa dan dari mana dia berasal. Tapi kalau mencari teman tempat curhat, jelas harus yang soleh dan bisa membimbing kita ke arah yang lebih baik.

Dan ingatlah bahwa kecantikan yang hakiki tercermin dari hati yang bersih, tergambar dari akhlak yang mulia dan terbentuk dari kecerdasan akal. Wallahu a’lam (mei/mq)© www.manajemenqolbu.com***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: